Apa Keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai Undang-undang Ketenagakerjaan?

Perbincangan mengenai undang-undang ketenagakerjaan no 13 tahun 2003 (UUK 13/2003) memang selalu menarik untuk di ikuti. Salah satu hal yang selalu menjadi berita di media nasional terkait UUK 13/2003 ini adalah keputusan Mahkamah Konsitusi (MK) terkait dengan uji pasal di Undang-undang yang sudah hampir berumur 10 tahun ini. Menurut Kepala Biro Hukum Kemenakertrans, Sunarno, per April 2012 sedikitnya ada 17 Pasal di UUK 13/2003 yang diuji di Mahkamah Konsititusi. Dari berita-berita terkait dengan pnegujian pasal ini, kebanyakan diajukan oleh perkerja dan serikat pekerja.

Setiap ada keputusan MK terkait dengan UUK 13/2003 tersebut, pemerintah melalui kemenakertrans meresponnya dengan mengeluarkan Peraturan Menteri (permen).  Pengeluaran Permen tersebut tentu saja bukan penyelesaian jangka panjang, tapi sifatnya sementara, hanya mandatory saja untuk memenuhi keputusan MK.

Berikut adalah beberapa diantaranya hasil keputusan MK terkait dengan uji pasal UUK 13/2003:

 

Keputusan MK: Pekerja alih daya (Outsourcing) dan pekerja tetap perusahaan pemberi kerja yang bertugas sama berhak atas manfaat yang adil tanpa diskriminasi.

Keputusan ini dikeluarkan MK sekitar bulan Januari 2012 lalu, pasal yang diuji adalah Pasal 65 dan 66  di UUK 13/2003 mengenai Outsourcing. Penguji dari pasal ini adalah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Petugas Pembaca Meter Listrik (AP2ML). Seperti yang diberitakan Kompas. com, MK memutuskan untuk menghapus perbedaan (diskriminasi) antara pekerja permanen dan pekerja outsourcing  yang tugasnya sama  dalam perusahaan yang memborongkan sebagian pekerjaan pada perusahaan penyedia jasa outsourcing.

Berikut kutipan Kompas.com: “MK menyatakan, Pasal 65 Ayat (7) dan Pasal 66 Ayat (2) Huruf b UU Ketenagakerjaan bertentangan secara bersyarat dengan Undang-Undang Dasar 1945. Putusan ini memperbaiki posisi tawar pekerja alih daya (outsourcing) yang masa kerja sangat bergantung pada kontrak kerja dari perusahaan pemberi borongan.”

“Artinya, pekerja alih daya berhak mendapat perlindungan kerja sesuai dengan Pasal 65 Ayat (4) dan Pasal 66 Ayat (2) UU Ketenagakerjaan. Dengan demikian, baik perusahaan asal pekerja alih daya maupun perusahaan yang mengalihkan sebagian pekerjaan kepada pihak ketiga wajib melindungi pekerja tanpa memperhatikan status pekerja tersebut.”

 

Keputusan MK: Efisiensi tidak dapat dijadikan alasan PHK

Keputusan ini dikeluarkan MK sekitar bulan Juni 2012 lalu, pasal yang diuji adalah Pasal 164 ayat 3 di UUK 13/2003 mengenai PHK karena efisiensi. Penguji dari pasal ini adalah karyawan Hotel Papandayan, Bandung. Poin utama dari keputusan MK ini adalah, efisiensi tidak boleh dijadikan alasan pertama dalam melakukan PHK kepada karyawan. Perusahaan tidak boleh langsung melakukan PHK kepada karyawan tanpa didahului oleh usaha-usaha efisiensi (penghematan), usaha-usaha tersebut antara lain: pengurangan upah dan fasilitas pekerja tingkat atas; mengurangi shift kerja; menghilangkan kerja lembur; mengurangi jam kerja, mengurangi hari kerja; dan merumahkan pekerja secara bergilir.

Seperti yang diberitakan Kontan. co. id, tanggal 21 Juni 2012,  keputusan ini mendapat respon pro dan kontra, dari pihak pekerja sendiri keputusan ini memberikan kekuatan kepada mereka untuk “melawan” perusahaan yang semena-mena melakukan PHK dengan alasan efisiensi. Tanpa di dahului oleh usaha-usaha seperti yang disebut kan diatas. Di lain pihak, para pengusaha merasa keberatan dengan keputusan ini, karena mereka merasa melakukan PHK melalui alasan efisiensi ini adalah untuk tetap menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan. Mereka mengilustrasikan bahwa wajar jika perahu yang hampir tenggelam menurunkan sebagian penumpangnya, guna menyelamatkan perahu tersebut. Daripada semua penumpang ikut tenggelam (?).

Sumber :http://imbalankerja.com/index.php/2012/berita-terbaru-keputusan-mahkamah-konstitusi-mengenai-undang-undang-ketenagakerjaan/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: