Apa Yang Dimaksud Dengan Fiducia ?

Menurut UU no. 42 tahun 1999 tentang lembaga jaminan fidusia yang disebut jaminan fidusia adalah lembaga jaminan yang dapat digunakan untuk mengikat objek jaminan yang berupa barang bergerak dan barang tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan.

Fidusia berasal dari bahasa Yunani yaitu Fiduciare yang artinya kepercayaan. Dimana objek jaminan fidusia tetap dalam penguasan pemiliknya.

Salah satu pihak yang terikat dalam perjanjian perjanjian Fiducia tidak dapat mebatalkan perjanjian secara sepihak. Kecuali berdasarkan kesepakatan Kedua belah pihak dimana Dasar Hukumny Pasal 1338 ayat 2 KUH Perdata.

Lessor sebagai Perusahaan Leasing dapat menyita objek perjanjiannya. Dengan syarat pihak debitur todak dapat melunasi hutangnya setelah jangka waktu yang ditentukan habis. Mengapa??karena sertipikat jaminan fidusia terdapat Irah2 Demi keadilan berdasarkan ketuhanan yang maha esa yang mempunyai kekuatan eksekutorial tanpa putusan pengadilan.

Tanggapan Saya terhadap kasus di atas Perusahaan Leasing dalam hal Ini tidak salah. Karena ketika debitur wanprestasi Perusahaan leasing dapat meyita barang tersebut tanpa menunggu putusan pengadilan. Ingat Fungsi jaminan adalah sebagai pengganti manakala debitur tidak dapat memenuhi prestasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: