Bagaimana Cara Hibah ?

 

Jadi begini..,dulu adik ibu saya pernah menghibahkan tanah ke ibu saya (keduanya sdh meninggal) yg dilengkapi hanya dengan “Akta hibah” dr PPAT camat, dimana dlm akta hibah itu menyebutkan sebidng tanah yg disebut “objek hibah” yg dihibahkan ke ibu saya..,

yang saya mau tanyakan..

1. Apakah itu berarti tanah tersebut atas nama ibu saya..?

2.Apakah bisa.,sy menjual seluruh/sebagian dr objek hibah itu,karna ibu saya sdh meninggal..?

3.Klo ada pembelinya..,apakah bisa dibuatkan AJB,SHM,atau yg lainnya..?

Terimakasiih atas bantuannya.

Jawaban :
Selamat malam Pak Syamsuri..

Berdasarkan info dari Bapak, bahwa hibah dari Bibi/Paman kepada Ibu sudah dibuat dalam bentuk Akta Hibah. Dalam segi hukum pertanahan, Ibu merupakan PEMILIK atas bidang tanah tersebut, sesuai dengan lokasi, poisis tanah, batas-batas dan luas serta nomor Kohir dan persil sebagaimana dalam akta Hibah tsb.

Setelah Ibu wafat, maka pemilik atas bidang tanah tersebut adalah SELURUH anak kandung Ibu, baik satu maupun beda bapak, (suaminya Ibu tidak berhak atas bidang tanah tsb, kecuali dalam akta Hibah disebutkan nama suaminya Ibu secara tegas sebagai penerima hibah).

Karena kepemilikan bersama sebagai harta waris, maka peralihan kepemilkannya (baik dijual, dihibahkan, diwakafkan atau disewakan), baik sebagian maupun seluruhnya, harus dengan persetujuan SELURUH anak kandung Ibu, demikian juga apabila akan disetipikatkan, maka dalam sertipikat akan tercantum SELURUH anak kandung Ibu.

Dalam proses penjualan, baik seluruh maupun sabagian, proses ke AJB dan/atau dilanjutkan ke pensertipikatan, pasti bisa, saya sarankan, sebaiknya diproses oleh Notaris/PPAT yang akan memberikan informasi terkait dengan bidang tanah tsb.

Bapak dapat tanyakan semua hal tentang bidang tanah tsb, juga mengenai syarat-syarat, proses transaksi, biaya, pajak dll.

Tk.

Leave a Reply

